Informasi Pangandaran Team
Vendor Paket Wisata Pangandaran
Services
Paket Wisata - Outbound - Pemesanan Hotel
Kontak Kami
082127187771 - 085221755022 Twitter : @wisatapnd Email : info.pnd12@gmail.com YM : info.pangandaran
082127187771 - 08112114453
7C5E418A
3238EF75


Goa Jepang Di Pangandaran

Thursday, November 27th 2014.

PENINGGALAN SEJARAH.1

BENTENG Pertahanan Jepang yang berada di kawasan Konservasi Cagar Alam Pangandaran selesai selama 3,5 bulan tentara Jepang langsung menggunakan benteng tersebut tetapi tidak lama seluruh tentara Jepang dipaksa harus menyerah kepada sekutu setelah Kota Nagasaki dan Hiroshima di Bom Atom. “menurut informasi yang saya terima goa jepang di pangandaran tidak lama digunakan karena tentara Jepang ditarik dan kembali ke negaranya setelah menyerah kepada sekutu karena Kota nagasaki dan Hiroshima di Bom Atom,” ungkap Nuryanto Pemandu Wisata Cagar Alam Pangandaran,Tentara Jepang yang berada di Pangandaran seluruhnya ditarik dan keberadaan goa jepang dibiarkan terbengkalai. “semua para romusha sudah bebas dan tidak ada lagi yang bekerja di goa jepang dan goa jepang tersebut dibiarkan terbengkalai,” ungkapnya.

Seiring berjalannya waktu kawasan Cagar Alam Pangandaran dijadikan sebagai kawasan konservasi dan kawasan wisata sehingga keberadaan goa jepang dijadikan salah satu lokasi wisata sejarah. “karena goa Jepang berada di kawasan konservasi Cagar Alam Pangandaran akhirnya dimanfaatkan oleh warga lokal Pangandaran dijadikan tempat wisata sejarah,manfaatnya sangat banyak kita sebagai generasi muda bisa mengetahui kalau dulu tentara Jepang pernah ada di Pangandaran,” ungkapnya.

untuk mendapatkan informasi tentang sejarah goa Jepang para Pemandu mengumpulkan data-data dan mendatangi saksi hidup. “saksi hidupnya sekarang sudah mulai berkurang paling tinggal beberapa orang dan sekarang sejarah goa jepang harus digali selengkap-lengkapnya,” tuturnya.

Para Pemandu juga pernah kedatangan wisatawan yang berasal dari Jepang dan pernah bertugas menjadi tentara di Pangandaran. “kita sempat ketemu sama orang jepang yang dulunya pernah menjadi tentara bertugas di Goa Jepang,” kenangnya.

Dirinya sempat menggali informasi dari tentara jepang tersebut tetapi informasi yang didapatkan tidak banyak. “orang Jepang hanya bilang minta maaf kepada masyarakat Pangandaran yang sudah menjadi Romusha, hanya bilang seperti itu,” ungkapnya.

Saat ini Keberadaan Goa Jepang sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Cagar Alam Pangandaran. “kalau sekarang sudah jadi wisata sejarah walaupun belum ada legalitas resmi tapi banyak wisatawan yang datang mengunjungi goa jepang,” tuturnya.

para Pemandu dan Pemerhati sejarah di Pangandaran sangat berharap perhatian dari Pemerintah. “supaya goa jepang terus terjaga keberadaannya kita sangat berharap Pemerintah bisa melakukan yang terbaik untuk goa Jepang,” pungkasnya.  (Asp/Radar pangandaran)

Wisata pangandaran